Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

Bakso KeriKiL PurwoKeRtO...

Terwujudnya Usaha kuliner Bakso Krikil U – Nik adalah dilatar belakangi oleh Tekad yang kuat dari sepasang suami istri yang sebelumnya mengabdi di salah satu perusahaan Swasta di Purwokerto, yang mana dengan cucuran keringat sendiri, ingin terjun di dunia kewirausahaan yang mandiri serta menjadikan usaha sebagai tumpuan tanpa bergantung pada perusahaan/ orang lain.

Dengan melihat peluang bisnis yang masih terlihat menjanjikan, terinspirasi Salah satu kuliner Khas Magelang, yakni BAKSO KRIKIL yang memang unik dan enak serta belum ada di Purwokerto, maka dengan tekad bulat ingin mengadopsi kuliner tersebut di Purwokerto, dengan keyakinan bahwa BAKSO KRIKIL akan digemari oleh Masyarakat Purwokerto dan sekitarnya.

Tekad yang kuat belumlah cukup,apabila tidak di sertai dengan “MODAL NEKAT” serta MENTAL YANG KUAT. Modal Nekat disini dengan artian yang positif. Karena BackGround kami sebelumnya tidak dibidang kuliner, tapi dari karyawan swasta yang buta terhadap Usaha Kuliner. Namun dengan dukungan Orang Tua yang Asli Magelang & memang latar belakangnya adalah pengusaha kecil dibidang makanan & pernah membuka usaha Warung makan di Magelang, maka dalam waktu yang cukup singkat yakni 20 hari, kami telah berani membuka Warung Bakso Krikil U – Nik di Purwokerto, setelah melalui tahap – tahap sebagai berikut :

1. Pengamatan Pasar
Melakukan pengamatan & Survey di Lokasi penjualan Bakso Krikil di Magelang, baik bentuk bakso& kelengkapannya, rasa, harga serta cara penyajian.
2. Triil Produk hingga mencapai kesempurnaan dan disesuaikan dengan selera masyarakat Purwokerto.
- Triil bentuk dan rasa Bakso Krikil serta tehnik produksinya.
- Triil Rasa Kuah
- Triil Penyajian
- Icip – icip baik Internal keluarga serta kerabat.
3. Penentuan Segmen Pasar
Bakso Krikil ditujukan untuk semua Kalangan, tidak ada tingkatan umur maupun golongan. Diharapkan bakso krikil familiar bagi semua lapisan masyarakat.
4. Perhitungan Analisis Usaha
Dari Bahan baku hingga Investasi untuk menyesuaikan modal yang ada.

Selain itu, Prinsip dari Marketing, yakni 4 P mulai dijalankan :
1. PRODUK
Produk Utama yakni : BAKSO KRIKIL biasa & Special
Yang membedakan Biasa dengan special adalah penambahan irisan daging iga serta porsi bakso krikil yang lebih banyak. Selain itu dalam penyajian, beda dengan bakso Purwokerto, yakni ada tambahan Irisan Tahu goreng yang menjadi Khas Bakso Magelang. Selain itu, Kuas direbus serta dihangatkan dengan menggunakan Arang sehingga Rasanya menjadi lebih sedap & Khas.

2. PLACE
Untuk penentuan lokasi, dipilih lokasi yang lumayan strategis yakni di Jalan Riyanto Sumampir, yang kebetulan dekat dengan tempat produksi.

3. PRICE
Harga Bakso Krikil, setelah melalui survey ke beberapa bakso terkenal di Purwokerto maka diputuskan untuk dibuat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat atau konsumen, yakni Rp.5.000,- untuk Bakso Krikil Biasa, serta Rp.7.000,- untuk Bakso Krikil Special. Selain harga yang murah, setelah diperhitungkan dengan profit yang didapat, maka konsumen juga memperoleh benefit tambahan, yakni Khusus untuk makan ditempat, konsumen akan mendapatkan Gratis 3K yakni gratis makan Kupat,krupuk & klanthing sepuasnya. Inilah yang nantinya menjadikan Warung Bakso Krikil lain dari pada yang lain.

4. PROMOTIONS
Walau hanya Warung Bakso yang tidak begitu besar, namun Guna mempopulerkan serta menanamkan Brand Imec kepada seluruh masyarakat Purwokerto, maka Saat diBukanya Bakso Krikil U – Nik juga disertai dengan Strategi Promosi baik dalam Hal Publikasi maupun Bagi – bagi Voucher Bakso Gratis. Adapun Publikasi yang dilakukan antaralain :
- Pemasangan 10 spanduk di wilayah purwokerto.
- Pemasangan 30 vertical banner di wilayah Purwokerto.
- Penyebaran 3000 brosur baik door to door maupun sisipan Koran
- Mengundang Media untuk peliputan, seperti Radar Banyumas, Suara Merdeka serta TV Lokal Banyumas TV
- Pemutaran Iklan di Radio Paduka FM dengan 3x tayang / hari

+ 1 P lagi yakni PELAYANAN
Bakso Krikil mengutamakan pelayanan & kenyamanan konsumen, walau dengan segala keterbatasan yang ada, ditambah dengan Gratis 3 K yang merupakan salah satu wujud memanjakan konsumen Bakso Krikil. Selain itu, Bakso Krikil U – Nik juga melayani pemesanan baik partai kecil maupun partai besar, seperti untuk Arisan, rapat, perayaan serta pernikahan.

HAMBATAN yang dijadikan TANTANGAN

1. Berkembangnya Competitor Bakso di Purwokerto
Setelah dibukanya BAKSO KRIKIL, diikuti dengan dibukanya Outlet – outlet Bakso seperti jamur dimusim Hujan, seperti BAKSO CEKER,BAKSO IGA, BAKSO SENTUL, BAKSO GASEM,BAKSO BALUNGAN,BAKSO CANDI dll. Namun hal ini dijadikan tantangan, bagaimana Bakso Krikil tetap menjadi tujuan, yakni dengan Andalan Gratis 3 K serta Strategi promosi yang berganti.

2. Naiknya Harga Bahan Baku & Supplies
Dengan kenaikan harga pada bahan baku seperti Daging Sapi serta Supplies seperti Mie, Kecap serta bumbu, bukan berarti menjadi suatu kendala atau harus menurunkan kualitas produk maupun rasa. Hingga sekarang, Bakso Krikil U – Nik tetap menggunakan 100% Daging sapi segar pilihan serta bahan – bahan yang berkualitas no 1, walaupun konsekuensinya mengurangi profit. Namun, hal ini dapat disiasati dengan mengandalkan produk lain yang profitnya bias menutup kekurangan profit yang ada, yakni pada minuman.

3. KEJENUHAN KONSUMEN
Dengan seiring berjalannya waktu, serta banyaknya competitor bakso maka menyebabkan kejenuhan konsumen akan Kudapan Bakso sendiri. Telebih ditambah dengan Kelesuan akibat Krisis Ekonomi Global. Mensiasati hal tersebut, selain publikasi terus dilakukan, seperti penyebaran brosur secara door to door, juga dilakukan Strategi promosi pemberian Kupon Bakso Gratis, untuk setiap pembelian Bakso Krikil 2 porsi. Setiap 10 Kupon yang dikumpulkan, dapat ditukar dengan 1 porsi Bakso Krikil Gratis.

MELAKUKAN EVALUASI
Agar dapat diketahui kelebihan & kekurangan Usaha Bakso Krikil yang sudah berjalan, sangat diperlukan masukan, saran serta Kritik dari Konsumen Bakso Krikil. Maka per tanggal 20 April 2009 hingga 20 Mei 2009 dibagikan Quisioner untuk diisi oleh konsumen & pelanggan Bakso Krikil berhadiah Voucher Pulsa Gratis untuk 5 orang. Adapun Isi Quisioner adalah seputar komentar Konsumen akan : Produk, Rasa,penyajian, harga, tempat,pelayanan serta masukan berharga.
Adapun respon konsumen Bakso Krikil sangat Positif. Dalam 1 Bulan terkumpul 1200 lbr Quisioner, yang mana 75% responden menginginkan Tempat /Warung Bakso Krikil yang lebih Strategis (Pusat Kota / dekat dengan UNSUD), 20% menginginkan variasi Menu dan 5 % campur.
Dengan Hasil Quisioner ini Bakso Krikil U – Nik dapat lebih berinstropeksi serta berusaha mewujudkan keinginan konsumen & pelanggan setia.


http://edr2figter.student.umm.ac.id/2010/09/23/bakso-krikil/

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed