Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

SaTe JaMuR PuRwOkeRtO

Baunya Begitu Sedap, Rasanya Begitu Mantap

Kuliner sate tentu saja sudah sangat dikenal masyarakat. Namun sate jamur masih jarang yang menyediakan padahal olahan kuliner yang satu ini memiliki rasa yang sangat enak.

IRANI ISNAENI, Purwokerto

Di sebelah Utara Pasar Wage Purwokerto, ada rumah makan yang menyajikan aneka makanan nusantara, yakni Rumah Makan Ibu Maryati. Tepatnya di Jalan MT Haryono No 116 Purwokerto.

Di depan pintu masuk rumah makan konsumen disambut dengan beberapa menu makanan yang terpampang di sebuah papan. Terpajang jelas tulisan Sop Konro yang menjadi menu andalan di tempat ini. Meski demikian, masih ada menu lainnya yang dapat diandalkan yakni sate jamur dan tongseng. Pemiliknya, Amelia menuturkan kedua menu ini merupakan menu baru. Di tangan Amelia, tongseng diubah menjadi makanan unik yakni menggunakan daging iga sapi. Selain tongseng yang unik, sate jamur di rumah makan ini juga patut diperhitungkan.

Ya, sate jamur. Kuliner satu ini mungkin masih asing bagi masyarakat. Namun sate jamur memang menjadi menu favorit baru di Rumah Makan Ibu Maryati.

Bagi yang belum pernah merasakan nikmatnya sate jamur, akan menyangka sate yang di makan adalah sate daging. Karena memang kelezatannya peris dengan sate daging. Meski demikian rasa khas jamur yang gurih dan sedikit kenyal tetap bisa dirasakan.

Dipadukan dengan kacang pada bumbu satenya menambah kenikmatan sate jamur. "Tentu saja ada bumbu rahasia dalam sate buatan saya," aku Amelia.

Untuk menikmati kelezatan sate jamur kita tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Hanya dengan Rp 15 ribu saja, kelezatan 10 tusuk sate jamur sudah bisa dinikmati. Jika ingin memakannya dengan nasi konsumen hanya tinggal meminta kepada karyawan rumah makan ini. Rumah Makan Ibu Maryati buka sejak pukul 07.30 pagi hingga pukul 21.30.

Setiap harinya, banyak konsumen yang datang untuk menikmati menu baru ini. Jumlah itu menurutnya terus bertambah seiring dengan bertambahnya peminat sate jamur. Menurut Amelia kebanyakan konsumen yang datang kesini membawa pulang makanannya.

Sate jamur, selain sedap juga rendah kolesterol. Sehingga bagi mereka yang punya masalah kolesterol tidak perlu takut untuk makan sate yang satu ini. Sate jamur juga menjadi makanan alternatif bagi para vegetarian. Tidak sedikit vegetarian yang memilih sate jamur sebagai makanan pengganti sate.

Jamur yang digunakan bukan jamur kuping ataupun jamur kancing, melainkan menggunakan jamur hioko.

Jamur hioko segar dibumbui dengan bumbu-bumbu asli Indonesia seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih dan bumbu-bumbu lainnya.

warnanya kecoklatan dan taburan irisan cabai rawit hijau dan pranye semkain menmabah nuansa kelezatan makanan ini.

Mencium aromanya saja membuat nggak tahan untuk segera mencicipinya. Aroma bumbu-bumbu yang digunakan wangi banget. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging, hmmmm...enak. Sate jamur yang disajikan selagi panas membuat selera nafsu makan jadi bertambah.

Sambal kacang dan sambal kecap akan mendampingi konsumen menikmati makanan lezat ini.

Konsumen yang tidak seuka dengan sambal kacang, dapat menikmati sambal kecap yang telah kami sediakan," ucap Amelia. Selain melayani konsumen yang makan di tempat, Rumah makan ini rupanya juga menerima delivery order maupun untuk acara-acara tertentu.(*)



http://www.radarbanyumas.co.id/index.php?page=detail_kuliner&id=154

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed