Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

SEPUR KLUTHUK YANG UNIK DI SOLO

Sepur Kluthuk adalah kereta uap wisata Solo yang telah diresmikan pada tanggal 27 September 2009 oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi'i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo bertempat di rumah dinas Walikota Solo "LOJI GANDRUNG".

Satu rangkaian kereta uap Jaladara yaitu nama lain dari Sepur Kluthuk ini terdiri dari satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Lokomotif kereta uap wisata jaladara ini buatan Jerman tahun 1896, diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa, sementara gerbongnya dari Magelang dan Bandung. Pengoperasian kembali kereta api pariwisata ini dimaksudkan untuk mengangkat kembali citra kota Solo, dalam rangka pengembangan pariwisata, yang sekaligus juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sepur ini beroperasi 2 kali dalam semingu yaitu setiap hari sabtu dan minggu dengan rute Stasiun Puwosari-Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo, dan kita akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain. Namun jika memungkinkan, kereta tersebut juga dapat dijalankan pada hari yang lain (senin – jumat) dan tentu saja jika ada peminat yang mem-booking.

Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri memang lumayan mahal yaitu Rp. 100.000,- untuk sekali naik, itu disebabkan untuk mengoperasikan kereta uap wisata ini memerlukan biaya yang tidak sedikit karena dalam sekali jalan pulang pergi, menghabiskan tiga kubik kayu jati ( sekitar 3 juta-an ), sedang kereta api hanya berkapasitas lebih kurang 80 orang. Harga itu memang pantas karena anda akan disuguhkan dengan berbagai macam tempat wisata untuk berbelanja, berfoto, mengunjungi Kraton dan masih banyak tempat wisata lainnya.
Mungkin kereta uap ini adalah satu-satunya kereta uap di dunia yang berjalan di atas jalur rel di tengah kota. Dengan salah satu keunikan yang dimiliki Kota Solo tersebut diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dan menjadi ikon wisata baru di Indonesia.

Sumber : www.jatengpromo.com

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed