Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

USAHA KERAJINAN SAPU GLAGAH MAJALANGU




Desa Majalangu merupakan bagian dari Kecamatan Watukumpul, yang memiliki luas wilayah 1192,84 ha dengan jumlah penduduk 2028 keluarga ( data sensus tahun 2003 ) . Hampir seluruh penduduk di luar Kelurahan Majalangu melakukan kegiatan perdagangan seperti jual beli hasil bumi dan kebutuhan rumah tangga di Desa Majalangu.Sehingga tidak perlu khawatir seandainya anda singgah ke desa Majalangu anda tidak akan kesulitan mencari makanan pada Malam Hari .Sebagai daerah pedesaan, Majalangu terbilang lebih maju di bandingkan dengan daerah lain di Kecamatan Watukumpul. Kehidupan warga masyarakat Majalangu di malam hari pun lebih hangat dan semarak dengan adanya para pedagang kuliner yang membuka warungnya hingga larut malam Maksimal Jam 2 Pagi . Sehingga tidak perlu khawatir jika anda singgah ke desa Majalangu, anda tidak akan kesulitan mencari makanan pada Malam Hari .
Desa Majalangu mempunyai sebuah gunung, yang terletak pada sebelah selatan desa majalangu, namanya gunung banowati, Gunung Banowati sering dijuluki gunung hijau, karena kalau dilihat dari jauh Akan terlihat hijau, jika Anda menaiki gunung itu akan menghabiskan waktu 2 jam untuk mencapai puncak ( tergantung kecepatannya dalam mendaki ) jika sudah di atas si Banowati, maka pantai widuri dan sebagian kota pemalang dan sekitarnya pasti akan terlihat . Majalangu terletak di dataran rendah dengan iklim tropis panas pada siang hari dan dingin pada malam hari dengan curah hujan normal. Desa Majalangu terbilang lebih maju di bandingkan dengan daerah-daerah lain di Kecamatan Watukumpul. Hal ini dapat di lihat dari tingkat pendidikan, aktifitas dan kreatifitas warga Desa Majalangu. Untuk tingkat desa seperti Majalangu sudah terdapat lembaga pendidikan swasta dari tingkat SD sampai dengan tingkat SLTA yang berfungsi untuk membantu kekurangan sarana pendidikan yang di sediakan oleh pemerintah daerah. Mata pencaharian warga masyarakat Majalangu bervariasi terdiri dari Petani, Pedagang, Pengerajin sapu glagah, PNS, dan sebagian ada yang menjadi perantau .
Pengrajin Sapu
Desa Majalangu merupakan sentra dari industri kerajinan sapu glagah, yang telah menembus pasar internasional. Disamping untuk kebutuhan lokal kerajinan sapu glagah telah di ekspor ke Luar Negeri di antaranya ke Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Brunai Darusalam serta Taiwan. Sedangkan untuk kebutuhan lokal kerajinan sapu glagah telah di pasarkan ke kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Tangerang, Cirebon, Karawang dan Bekasi.
Industri kerajinan Sapu Glagah
Industri kerajinan Sapu Glagah merupakan kerajinan yang menjadi andalan di Kecamatan Watukumpul khususnya bagi warga Majalangu, kerajinan Sapu Glagah telah ada sejak lama dan merupakan kerajinan turun temurun bagi masyarakat Majalangu.
Industri kerajinan sapu glagah di samping untuk memenuhi kebutuhan lokal telah menembus pasar Internasional. Pemasaran produk sapu glagah untuk dalam negeri tersebar di seluruh kota-kota besar di pulau Jawa seperti Cirebon, Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Purwokerto, Surabaya dan Karawang. Sedangkan untuk tujuan Ekspor meliputi Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam .


Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

1 komentar:

Zane

Saya ingin menawarkan bahan baku lidi kelapa sawit dalam partai besar. Untuk itu dapat menghubungi saya melalui email babarsusan@gmail.com atau whatsapp: +6281348708627. Terima Kasih

Posting Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed