Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

BisNis SanGGul...

Sanggul atau konde yang biasa dipakai kaum hawa ternyata banyak dipasok dari Desa Limbangan Wetan, Brebes, Jawa Tengah. Kerajinan ini ternyata dirintis sejak 30 tahun silam. Namun, kepada SCTV baru-baru ini, para perajin mengaku kesulitan memperoleh modal. Pemerintah Daerah Brebes hanya membantu mesin jahit dan promosi.

Seperti desa-desa lainnya di pantai utara Pulau Jawa, warga Limbangan Wetan memiliki aktivitas ekonomi yang patut dibanggakan. Pasalnya, desa ini sedikitnya memiliki 57 pengrajin sanggul atau konde dan pengrajin berbagai jenis ornamen wanita lainnya. Tiap tahun limbangan dapat menghasilkan lebih dari 51 ribu konde.

Konde-konde tersebut dipasarkan ke Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya hingga Medan. Sanggul dijual dengan harga yang bervariasi antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per buah, tergantung kualitasnya. Sedangkan, bahan dasar pembuatan sanggul itu adalah potongan rambut yang tak terpakai dan dibeli dari salon-salon dengan harga Rp 5.000 ribu per kilogram. Semakin panjang rambut, harganya makin mahal.(WWN/Teguh Hadiprayitno dan Kukuh Ariwibowo)
http://berita.liputan6.com/daerah/200107/16874/class=%27vidico%27

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed