Info Kuliner mengenai berbagai macam jajanan khas Purwokerto, dari makanan berat sampai makanan ringan, semua ada disini [...]

Koleksi terbaru mengenai Fashion dan aksesoris- aksesoris remaja [...]

Berbagai macam objek wisata menarik yang ada di jawa tengah yang dapat anda kunjungi [...]

Berisi info mengenai tips dan trik seputar bisnis [...]

Foods Fashion Objek Wisata Info Bisnis

Bisnis Telur Asin Rendah Kolesterol

BISNIS TELUR ASIN RENDAH KHOLESTROL, EKSPORT KE MALAYSIA

Berulangkali Ambar  sahabat saya harus kecewa karena seringkali kali menawarkan dagangan telur asinnya yang rasa udang dan dikenal sangat enak..ditolak pelanggannya karena alasan kesehatan.
“Maaf, sekarang saya nggak mau lagi makan telur bu”
”Lho biasanya ibu memborong telur saya, apa telur saya ada yang bermasalah?”
”Telur ibu sih nggak ada masalah tetapi badan saya yang bermasalah.Gara-gara keenakan makan telur kholestrol saya melejit tinggi. Dokter melarang saya makan telur dan makanan yang berlemak. Coba ibu bikin telur yang rendah kholestrol,pasti saya borong ”.
Ide membuat telur rendah kholestrol
Penolakan sebagian pelanggannya karena alasan kesehatan membuat Ambar ibu tiga anak ini terus merenung dan berusaha mencari solusi pemecahannya. Bagaimana caranya membuat telur rendah kholestrol. Pada umumnya telur bebek mengandung kholestrol cukup tinggi (100). Ambar ingin agar dagangan telurnya bisa tetap enak tetapi aman bagi kesehatan.
“Wah kalau saya bisa membuat telur asin rendah kholestrol dan rendah lemak pasti bisa jadi daya tarik pembeli, bagaimana caranya”. “Tiba-tiba saja idenya muncul “tuing”. Dia belajar dari sahabatnya yang memproduksi obat herbal dan bertanya herbal apa yang bisa mengobati kholestrol.
“Bisa menggunakan daun salam,akar alang-alang, teh hijau dan harus diet”, jelas sahabatnya yang ahli herbal. Akhirnya Ambar berinovasi dan membuat eksperimen proses pembuatan telurnya ditambahkan rebusan daun salam dan akar alang-alang.
dicampur tanah liat dan garam untuk membungkus telur-telurnya.
Tidak cukup sampai disitu, dia lalu membawa telur hasil eksperimennya ke laboratorium kesehatanmasyarakat IPB Bogor untuk mengetahui kandungan lemak dan kholestrolnya. Meski harus mengeluarkan modal tidak sedikit namun feelingnya mengatakan hasil penelitiannya akan menjadi kunci keberhasilan.Telur asin hasil karyanya akan menjadi telur yang unik sekaligus menarik.Ternyata kesimpulan hasil penelitiannya benar-benar fantastic. Kalau telur biasa kandungan kholestrolnya sampai 100 kini tinggal 4 dan kandungan lemaknya turun cukup signifikan. Lemak telur biasa pada umumnya 13,6 bisa ditekan jadi 5,24. Keistimewaan lain telur hasil produksinya adalah mengandung Omega 3 hingga 214,3 dan betakarotene mencapai 380. Setelah mengetahui hasil penelitian telurnya, keistimewaan telurnya selain memiliki cita rasa udang juga aman bagi penderita kholestrol. Dagangannya jadi laris manis.
Siapapun akan memilih makanan enak tapi aman bagi kesehatan.Kesaksian salah satu pelanggan barunya yang tinggal di Bandung pak Fauzi Rachmanto: ”Telur asinnya benar-benar uenak dan rasa asinnya pas banget. Anak saya begitu udah coba sekali makan langsung dua butir”. Saya biasanya kalau makan telur dibuang kuningnya karena takut kholestrol sekarang berani makan kuningnya karena tahu telurini rendah kholestrol.”
Bu Ambar yang mempunyai nama lengkap Ambar Turatminah berperawakan kecil mungil berusia setengah baya (53) ini patut diacungi jempol untuk semangatnya membangun usaha dan berbisnis. Meski sebelumnya pernah mengalami jatuh bangun dalam berusaha seperti ditipu atau dibohongi namun dia terus mencari upaya untuk bisa bangkit lagi. Ambar dipercaya teman dan tetangganya untuk memimpin kelompok tani Candi Jaya yang berlokasi di kelurahan Semper Timur, Jakarta Utara. Semula usaha yang ditekuni bersama kelompoknya adalah beternak telur burung puyuh dan beternak bebek. Karena wabah flu burung dan pelarangan beternak unggas di DKI th.2006 maka Ambar dan teman-temannya mengembangkan olahan telur asin dan jus aneka buah. Pengolahan produknya dikerjakan oleh beberapa anak remaja putus sekolah dan ibu-ibu rumah tangga yang tinggal didekat rumahnya. Ambar dengan sabar mengajarkan ketrampilan membuat telur asin dan jus buah. Selanjutnya dia mendelegasikan tugasnya ke temen-temen kelompok lalu berfokus kepada marketing door to door. Ambar memang lincah bergerak kesana kemari dan luwes dalam pergaulan sehingga dagangannya laris manis. Untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilannya ,Ambar juga bergabung aktif di organisasi KTNA DKI Jaya,selain itu aktif juga di kegiatan PKK,Posyandu dan aktif juga di kelompok pengajian di lingkungannya..
Omset penjualannya makin hari makin meningkat terlihat dari peningkatan produksi. Kalau semula dalam sebulan produksinya hanya 200 butir perbulan kini per hari bisa 200 sampai 300 butir hingga perbulan mencapai 7 ribuan butir untuk memenuhi permintaan masyarakat termasuk berbagai restoran di wilayah DKI. Kadang kala produksinya menurun karena kelangkaan telur bebek yang berkualitas. Untuk menjaga ketersediaan bahan bakunya kini terus melakukan kerjasama dengan kelompok tani Karya Makmur Jakarta Timur pimpinan H.Djarkasih peternak bebek yang menghasilkan telur rasa udang. Makan telur bebek serasa makan udang. Hal ini dimungkinkan karena pakan bebeknya menggunakan bahan baku kepala udang dan kulitnya hasil limbah produsen makanan berbahan baku udang. Kelebihan telur asin rasa udang berhasil ditingkatkan nilai tambahnya dengan cara membuat telur asin rendah lemak dan kholestrol agar bisa dikonsumsi semua lapisan masyarakat tanpa kecuali. Kalau pada umumnya orang takut makan telur karena kholestrol kini ada solusi lain, bisa makan telur namun kholestrol tetap terjaga. Telur buatannya juga sangat baik dikonsumsi anak balita karena mengandung betakarotene sangat tinggi, terbukti dari hasil penelitian yang dilakukannya di laboratorium Kesehatan Masyarakat IPB Bogor.
Kendala utama yang dihadapi oleh Ambar adalah mempertahankan kualitas telur asin yang berkualitas karena keterbatasan dana dan SDM. Seringkali Ambar kebingungan kalau ada pesanan dalam jumlah besar. Kadangkala anggota kelompoknya kurang menyadari pentingnya menjaga kualitas. Sebagian anggota kurang teliti atau teledor tidak mengikuti prosedur pembuatan yang sudah digariskan.Makanya Ambar harus sering mengingatkan dan mengontrol sendiri secara ketat proses produksinya. Kadangkala ada saatnya kesulitan bahan baku karena produksi telur temannya sedang menurun akibat kelangkaan bahan pakan bebek. Kendala yang lain apabila ada anggotanya yang mempunyai masalah rumah tangga atau salah paham antar teman. Ambar dengan bijak harus turun tangan membantu mencarikan solusinya atau bertindak sebagai penengah. Kadang kala Ambar harus rela mengeluarkan uang pribadi untuk membantu anak-anak anggotanya yang kesulitan keuangan untuk menyekolahkan anaknya..
Kegiatan kelompok tani Candi Jaya dibawah pimpinan Ambar,selain membuat telur asin juga mempunyai usaha pembuatan jus aneka buah. Jus buah unggulannya adalah jus jambu biji merah yang sangat bermanfaat untuk penderita demam berdarah. Jusnya sering dipesan pasien-pasien dari berbagai rumah sakit karena keaslian bahan bakunya..
Subarkah suaminya dan anak-anaknya sangat mendukung kegiatan Ambar karena bisa membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga. Bahkan dari hasil jerih payahnya ini bisa membiayai dana kebutuhan sekolah ketiga anaknya. Dua anaknya sudah lulus sarjana. Putrinya yang sulung berhasil lulus sarjana ekonomi S2 dan kini sudah mempunyai pekerjaan yang mapan. Anak kedua berhasil menjadi dokter berdinas di Pemda DKI dan kini memperdalam spesialis anak. Anak ketiganya masih kuliah.
Ambar terus bersemangat memajukan usahanya bersama temen-temen kelompok taninya, untuk go international. Pemda DKI Jakarta melalui suku dinas peternakan Jakarta Utara selalu memberikan bimbingan tehnis dan fasilitas promosi ke berbagai pameran baik diwilayah DKI maupun diluar kota. Bagi Ambar tiada hari tanpa belajar untuk semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat .. Impiannya bisa keliling Indonesia bahkan dunia berjualan telur asin rasa udang rendah kholestrol. Semoga.
.
Aning Harmanto.

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 dunia usaha
Blognya Mahasiswa kesmas unsoed